KEMENTERIAN KEUANGANREPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN
NOMOR : PENG- 01/PANREK/VII/2012

TENTANG 

REKRUTMEN PEGAWAI GOLONGAN II DAN III
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN
TAHUN ANGGARAN 2012

     Dalam rangka mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan Republik Indonesia Tahun Anggaran2012, Kementerian Keuangan memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian Keuangan Republik Indonesia pada posisi jabatan sebagai berikut:
I. UNIT ESELON I YANG MEMBUTUHKAN TENAGA:
1. Sekretariat Jenderal;
6. Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan;
2. Direktorat Jenderal Pajak;
7. Direktorat Jenderal Pengelolaan Utang;
3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai;
8. Inspektorat Jenderal;
4. Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
9. Badan Kebijakan Fiskal.
5. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara;



II. KUALIFIKASI PENDIDIKAN DAN NAMAJABATAN
NO.
TINGKAT PENDIDIKAN
KODE PROGRAM STUDI (KP)
PROGRAM STUDI (PS)
NAMA JABATAN
JUMLAH FORMASI
1
Sarjana
(S-I)
01
Akuntansi
Penata Laporan Keuangan / Analis Pajak
208
02
Manajemen (Keuangan)
Analis Pajak
92
2
Diploma Pelayaran* (D-III)
03
Pelayaran (Nautika)
Mualim
35
04
Pelayaran (Teknika)
Juru Motor
25
3
Diploma Umum
(D-III)
05
Kimia/Analis Kimia/Analisis Kimia/Kimia Analisis/Kimia Analis
Analis Laboratorium
38
06
Farmasi/Analis Farmasi
Analis Laboratorium
22
07
Teknik Mineral/Teknik Pertambangan Mineral/Teknik Pengecoran Logam
Analis Laboratorium
10
4
SMK Pelayaran
08
SMK Pelayaran/SPM Nautika
Juru Mudi II
91
09
SMK Pelayaran/SPM Teknika
Juru Minyak I / Juru Minyak II
63
5
SMK Umum
10
SMK Teknik Mesin (Teknik Permesinan)
Kelasi Kapal
17
11
SMK Teknik Perkapalan (Kelistrikan Kapal)
Kelasi Kapal
17
12
SMK Teknik Telekomunikasi (Teknik Transmisi Telekomunikasi)
Kelasi Kapal
17
13
SMK Teknik Perkapalan (Konstruksi Kapal Kayu/Kapal Fiberglass/Kapal Baja)
Kelasi Kapal
26
14
SMK Teknik Kimia
Analis Laboratorium
23
15
SMK Farmasi/Farmasi Industri
Analis Laboratorium
16
Jumlah
700
Catatan:
* Memiliki sertifikat ANT-III untuk DIII Pelayaran (Nautika) dan ATT-III untuk DIII Pelayaran (Teknika).
III. PERSYARATAN PENDAFTARAN
  1. Warga Negara Indonesia;
  2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
  3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
  5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  7. Pelamar merupakan lulusan:
7.1.
Sarjana (untuk Kode KP 01 dan 02) dengan IPK Minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
7.2.
Diploma Pelayaran (untuk Kode KP 03 dan 04) dengan IPK minimal 2,50 (dua koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
7.3.
Diploma Umum (untuk Kode KP 05 sampai dengan 07) dengan IPK minimal 3,00 (tiga koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan) dari skala 4;
7.4.
SMK Pelayaran (untuk Kode KP 08 dan 09) dengan nilai rata-rata "Ujian Tertulis" pada ijazah tidak kurang dari 6,50 (enam koma lima nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan);
7.5.
SMK Umum (untuk Kode KP 10 sampai dengan 15) dengan nilai rata-rata "Ujian Tertulis" pada ijazah tidak kurang dari 7,00 (tujuh koma nol nol dan nilai tersebut bukan hasil pembulatan).
  1. Usia berdasarkan tanggal lahir yang tercantum dalam ijazah pada 1 Desember 2012:
8.1
Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 01 dan KP 02 (Sarjana S-1);
8.2.
Minimal 18 tahun dan maksimal 30 tahun untuk kode KP 03 dan KP 04 (Diploma Pelayaran);
8.3.
Minimal 18 tahun dan maksimal 23 tahun untuk kode KP 05 s.d. KP 07 (Diploma Umum);
8.4.
Minimal 18 tahun dan maksimal 26 tahun untuk kode KP 08 dan KP 09 (SMK Pelayaran);
8.5.
Minimal 18 tahun dan maksimal 20 tahun untuk Kode KP 10 s.d. KP 15 (SMK Umum).
  1. Khusus Kode KP 03 wajib memiliki Sertifikat ANT-III dan Kode KP 04 wajib memiliki Sertifikat ATT-III;
  2. Khusus Kode KP 03 s.d. KP 15:
10.1
Berjenis kelamin laki-laki;
10.2.
Memiliki tinggi badan minimal 160 cm;
10.3.
Tidak buta warna dan tidak cacat badan.





IV. TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui website http://rekrutmen.depkeu.go.id mulai tanggal 14 Juli 2012 sampai dengan tanggal 29 Juli 2012;
  2. Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online dapat mengunduh (download) Formulir Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup Singkat, Surat Pernyataan, dan Tanda Bukti Pendaftaran;
  3. Pelamar wajib:
3.1
Mengisi Formulir Pendaftaran, menempel pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm pada Lembar Formulir Pendaftaran Online, menempel materai Rp6.000,00 dan menandatanganinya;
3.2.
Mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat;
3.3.
Menempel materai Rp6.000,00 dan menandatangani Surat Pernyataan;
  1. Berkas lamaran berisikan dengan urutan dari atas sebagai berikut:
4.1.
Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku;
4.2.
Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir), dengan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar;
4.3.
Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri dan ditujukan kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan alamat PO BOX 1001 Jakarta 10000;
4.4.
Daftar Riwayat Hidup Singkat yang telah diunduh dan ditandatangani;
4.5.
Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar/Surat Tanda Kelulusan dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang (Ijazah Sementara dan Surat Keterangan Lulus tidak berlaku). Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib menyertakan Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang;
4.6.
Surat Keterangan Dokter (asli) terbaru yang menyatakan sehat (selama tiga bulan terakhir);
4.7.
Surat Keterangan Catatan Kepolisian/SKCK (asli) yang masih berlaku;
4.8.
Surat Pernyataan yang telah diunduh kemudian ditempel materai Rp6.000,00 dan ditandatangani;
4.9.
Bagi pelamar dengan Kode KP 03 melampirkan fotokopi sertifikat ANT III yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang;
4.10.
Bagi pelamar dengan Kode KP 04 melampirkan fotokopi sertifikat ATT III yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang.
  1. Pelamar wajib mengirimkan Berkas Lamaran dengan stopmap berwarna:
a.
Merah muda untuk Kode KP 01 dan 02;
b.
Biru untuk Kode KP 03 dan 04;
c.
Hijau untuk Kode KP 05 s.d. 07;
d.
Kuning untuk Kode KP 08 dan 09;
e.
Merah untuk Kode KP 10 s.d 15.
Lembar Formulir Pendaftaran Online ditempel di sampulstopmap tersebut.
  1. Stopmap yang berisi lamaran dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos kepada:
Panitia Pusat Rekrutmen
Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan
Tahun Anggaran 2012
PO BOX 1001 Jakarta 10000
Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia Pusat tanggal 6Agustus 2012 (Cap Pos). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milikpanitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
V. SELEKSI DAN PELAKSANAAN UJIAN
  1. Seleksi melalui 4 (empat) tahap dengan sistem gugur yang meliputi:
1.1.
Seleksi Administrasi;
1.2.
Tes Kemampuan Dasar (TKD);
1.3.
Psikotes Lanjutan;
1.4.
Tes Kesehatan dan Kebugaran serta wawancara (wawancara hanya untuk pelamar dengan Kode KP 01 dan 02).
  1. Lokasi ujian akan dilaksanakan pada kota:
2.1.
Medan;
2.2.
Jakarta;
2.3.
Semarang;
2.4.
Surabaya;
2.5.
Makassar;
2.6.
Balikpapan;
2.7.
Jayapura.
  1. Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 30 Agustus 2012 melalui portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id serta Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan di daerah;
  2. Informasi lebih lanjut mengenai Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini dapat dilihat melalui portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id.
VI. LAIN – LAIN
Dalam proses pendaftaranRekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan TahunAnggaran 2012 berlaku ketentuan sebagai berikut:
  1. Bagi mereka yang pernah mengajukan lamaran ke Kementerian Keuangan dan sampai pengumuman ini belum mendapat balasan, sepanjang memenuhi syarat dalam pengumuman ini, supaya mengajukan lamaran kembali sesuai prosedur yang berlaku (lamaran yang telah dikirim ke Kementerian Keuangan dianggap tidak berlaku);
  2. Dalam rangka Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ini tidak ada bimbingan tes atau persiapan pendahuluan, tidak diadakan surat menyurat dan tidak dipungut biaya apapun selama proses seleksi/tes;
  3. Setiap Pengumuman ditayangkan secara online pada portal Kementerian Keuanganwww.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id. Pelamar dapat melihat Pengumuman hasil setiap tahapan tes secara online pada portal Kementerian Keuangan www.depkeu.go.id atau http://rekrutmen.depkeu.go.id;
  4. Kelulusan pelamar pada setiap tahapan tes ditentukan oleh kemampuan dan kompetensi pelamar.Apabila ada pihak/oknum yang menawarkan jasa dengan menjanjikan dapat diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan dengan meminta imbalan tertentu, maka perbuatan tersebut adalah penipuan dan dapat melaporkan melalui website www.wise.depkeu.go.id. Panitia tidak bertanggung jawab atas perbuatan pihak/oknum tersebut;
  5. Keputusan Panitia dalam hal kelulusan pendaftar/pelamar pada setiap tahap tes bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat;
  6. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar, dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan tes, maupun setelah diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian Keuangan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil/Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Keuangan, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib, karena telah memberikan keterangan palsu.
 Persyaratan Umum
    1. Warga Negara Indonesia;
    2. Tidak mengalami ketergantungan terhadap narkotika/sejenisnya;
    3. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
    4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;
    5. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri atau Pegawai Negeri;
    6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  1. Persyaratan Khusus
    1. Sarjana
1.1.
Mempunyai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3,00 (Skala 4);
1.2.
Usia pada tanggal 1 Desember 2012, tidak kurang dari 18 Tahun, dan tidak lebih dari 26 Tahun.
    1. Diploma III
2.1.
Mempunyai Indek Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal (Skala 4) 3,00 untuk DIII (Umum) dan 2,50 untuk DIII (Pelayaran);
2.2.
Usia pada tanggal 1 Desember 2012:
a.       Tidak kurang dari 18 Tahun;
b.      Tidak lebih dari 23 Tahun untuk DIII (Umum);
c.       Tidak lebih dari 30 Tahun untuk DIII (Pelayaran).
2.3.
Jenis Kelamin, Laki-laki;
2.4.
Tidak Buta Warna dan Tidak Cacat Badan;
2.5.
Tinggi Badan Minimal 160 cm;
2.6.
Memiliki Sertifikat ANT-III untuk Program Studi DIII Pelayaran (Nautika) dan ATT-III untuk DIII Pelayaran (Teknika).
    1. SMK
3.1.
Nilai rata-rata Ijazah, untuk SMK (Pelayaran) sekurang-kurangnya 6,50, dan sekurang-kurangnya 7,00 untuk SMK (Umum);
3.2.
Usia pada tanggal 1 Desember 2012, tidak kurang dari 18 Tahun, dan tidak lebih dari 26 Tahun untuk SMK (Pelayaran) dan tidak lebih dari 20 Tahun untuk SMK (Umum);
3.3.
Jenis Kelamin, Laki-laki;
3.4.
Tidak Buta Warna dan Tidak Cacat Badan;
3.5.
Tinggi Badan, Minimal 160 cm.





PETUNJUK PENGISIANFORMULIR PENDAFTARAN
REKRUTMEN PEGAWAI GOLONGAN II DAN III
DI LINGKUNGAN KEMENTERIAN KEUANGAN TAHUN ANGGARAN 2012
MELALUI APLIKASI INTERNET (ONLINE)
  1. Petunjuk Umum
Bacalah terlebih dahulu persyaratan umum pendaftaran sebagai Calon PegawaiNegeri Sipil (CPNS) sebagaimana tersebut pada menu persyaratan;
  1. Petunjuk Pengisian Formulir
  1. Pilih menu pengisian formulir. Bacalah terlebih dahulu persetujuan pendaftaran secara seksama, apabila Anda menyetujui maka pilih pada option "Saya Setuju" kemudian pilih tombol "Lanjut", setelah itu akan muncul form pendaftaran;
  2. Isi semua kolom isian dalam form tersebut sesuai dengan data Anda. Adapun form pendaftaran dimaksud adalah sebagai berikut:
2.1.
Informasi Pendidikan
Merupakan informasi berkaitan dengan pendidikan sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.1.1.
Tingkat Pendidikan
Pilih tingkat pendidikan sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.2
Bila Anda memilih Tingkat Pendidikan S1/DIII Pelayaran/DIII umum, maka:

2.1.2.1.
Apakah Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri? 
Pilih "Ya" apabila Anda lulusan perguruan tinggi dalam negeri, pilih "Bukan" apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri.
2.1.2.2.
Program Studi
Pilih salah satu program studi yang sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.2.3.
Gelar
Pilih gelar sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, isikan gelar Anda sesuai dengan ijazah.
2.1.2.4.
Nama Perguruan Tinggi
Pilih Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bila Nama Perguruan Tinggi Anda tidak terdapat di pilihan, pilih "lainnya". Kemudian isikan Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bagi Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, nama perguruan tinggi akan mengarah ke pilihan "lainnya". Kemudian isikan Nama Perguruan Tinggi Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Pastikan Anda telah memiliki surat keputusan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.1.2.5.
Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
Silahkan cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah:

a.
Untuk lulusan Sarjana adalah 3.00 (skala 4). Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, Silahkan pilih skala IPK Anda (skala 4 atau skala 5). Cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah 3.00 (skala 4) atau 3.75 (skala 5);
b.
Untuk lulusan DIII (Pelayaran) adalah 2.50 (skala 4). Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, Silahkan pilih skala IPK Anda (skala 4 atau skala 5). Cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah 2.50 (skala 4) atau 3.12 (skala 5);
c.
Untuk lulusan DIII (Umum) adalah 3.00 (skala 4). Apabila Anda lulusan perguruan tinggi luar negeri, Silahkan pilih skala IPK Anda (skala 4 atau skala 5). Cantumkan IPK sesuai dengan yang tercantum pada transkrip kelulusan Anda. Dalam hal ini IPK yang dipersyaratkan adalah 3.00 (skala 4) atau 3.75 (skala 5)
2.1.2.6.
Nomor Ijazah
Isikan nomor ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar
2.1.2.7.
Tanggal Ijazah
Isikan tanggal ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.
Bila Anda memilih Tingkat Pendidikan SMK Pelayaran/SMK umum, maka:

2.1.3.1.
Program Studi
Pilih salah satu program studi yang sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.2.
Nama Sekolah
Pilih Nama Sekolah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar. Bila sekolah Anda tidak terdapat di pilihan, pilih "lainnya". Kemudian isikan nama sekolah Anda sesuai dengan Ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.3.
Nomor Ijazah
Isikan nomor ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar
2.1.3.4.
Tanggal Ijazah
Isikan tanggal ijazah Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.1.3.5.
Nilai Rata-rata Ujian Tertulis
Silahkan cantumkan Nilai rata-rata ujian tertulis sesuai dengan ijazah yang anda gunakan untuk melamar. Dalam hal ini Nilai rata-rata ujian tertulis yang dipersyaratkan adalah sebagai berikut:

a.
Nilai rata-rata ujian tertulis minimal bagi lulusan SMK (Pelayaran) untuk semua program studi adalah 6.50 (skala 10.00);
b.
Nilai rata-rata ujian tertulis minimal bagi lulusan SMK (Umum) untuk semua program studi adalah 7.00 (skala 10.00).
2.2.
Pilihan Formasi 
Merupakan informasi berkaitan dengan jabatan yang Anda lamar. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.2.1.
Pilihan Jabatan
Pilih jabatan yang ingin Anda lamar. Pilihan jabatan disesuaikan dengan program studi yang telah Anda pilih.
2.2.2.
Pilihan Unit Kerja 
Pilih unit kerja di Kementerian Keuangan yang ingin Anda lamar. Pilihan unit kerja disesuaikan dengan ketersediaan jabatan yang tersedia.
2.2.3.
Tempat Daftar Ulang dan Ujian Yang Diinginkan
Pilih salah satu tempat pendaftaran ulang dan ujian yang Anda kehendaki.
2.2.4.
Kota Domisili
Isikan kota domisili Anda saat ini.
2.3.
Identitas Diri
Merupakan informasi berkaitan dengan identitas diri Anda. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.3.1.
Nama Lengkap
Isikan nama lengkap Anda (tanpa gelar akademis) dengan huruf kapital sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.3.2.
Tempat Lahir
Isikan tempat lahir Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.
2.3.3.
Tanggal Lahir
Isikan tanggal lahir Anda sesuai dengan ijazah yang Anda gunakan untuk melamar.

2.3.3.1.
Usia pelamar minimal 18 tahun;
2.3.3.2.
Untuk lulusan DIII (Pelayaran), usia maksimal adalah 30 tahun (1 Desember 1982);
2.3.3.3.
Untuk lulusan DIII (Umum), usia maksimal adalah 23 tahun (1 Desember 1989);
2.3.3.4.
Untuk lulusan SMK (Pelayaran), usia maksimal adalah 26 tahun (1 Desember 1986);
2.3.3.5.
Untuk lulusan SMK (Umum), usia maksimal adalah 20 tahun (1 Desember 1992);
2.3.3.6.
Batas usia dihitung per tanggal 1 Desember 2012.
2.3.4.
Jenis Kelamin
Pilih sesuai jenis kelamin anda. Untuk tingkat Pendidikan DIII dan SMK yang diterima adalah "Laki-Laki".
2.3.5.
Nomor KTP/SIM
Isikan nomor KTP/SIM Anda yang masih berlaku.
2.3.6.
Tanggal Berlaku KTP/SIM
Cantumkan tanggal masa berlaku KTP/SIM Anda yang masih berlaku.
2.4.
Informasi Username dan Password 
Merupakan informasi berkaitan dengan username dan password yang akan digunakan selama proses rekrutmen ini. Data yang perlu Anda isi sebagai berikut:

2.4.1.
Username
Isikan username Anda yang mudah diingat. Ingat dan simpan baik-baik username Anda, karena akan dipakai terus hingga seluruh proses seleksi ini berakhir.
2.4.2.
Password
Isikan password Anda yang mudah diingat. Ingat dan simpan baik-baik password Anda, karena akan dipakai terus hingga seluruh proses seleksi ini berakhir.
2.4.3.
Konfirmasi Password
Isikan password Anda kembali sesuai dengan password yang telah Anda isikan sebelumnya.
2.4.4.
Kode Pengamanan
Isikan kode pengaman sebagaimana tersebut pada gambar diatas dengan tepat. Kode tersebut bersifat case sensitive.
  1. Setelah selesai mengisi formulir:
3.1.
Periksa dan pastikan terlebih dahulu apakah isian dimaksud sudah benar;
3.2.
Apabila isian dimaksud dianggap masih ada kesalahan, silahkan pilih "perbaikan" untuk memperbaiki isian sesuai dengan data yang benar;
3.3.
Apabila isian dimaksud sudah dianggap benar silahkan pilih "simpan" untuk selanjutnya melakukan pencetakan/download formulir;
3.4.
Untuk mencetak hasil pengisian formulir pendaftaran tersebut silahkan pilih tombol cetak formulir, dan tombol download untuk mendapatkan file pdf atas hasil pengisian pendaftaran Anda. Berkas yang Anda dapatkan dari hasil download antara lain:
a.       Formulir Pendaftaran Online;
b.      Surat Pernyataan;
c.       Tanda Bukti Pendaftaran;
d.      Daftar Riwayat Hidup Singkat.
  1. Formulir Pendaftaran Online yang Anda peroleh setelah pengisian merupakan syarat untuk melakukan pengiriman berkas melalui PO BOX. Kirimkan Formulir Pendaftaran Online, Surat Pernyataan, dan Daftar Riwayat Hidup Singkat beserta lampiran lainnya kepada:
Panitia Pusat Rekrutmen
Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan
Tahun Anggaran 2012
PO BOX 1001 Jakarta 10000
Apabila pada saat pengiriman berkas PO BOX tidak mengirimkan FormulirPendaftaran Online yang telah di download dibubuhi pas foto berwarna terbaruukuran 3 x 4 cm, materai sebesar Rp6.000,00 dan ditandatangani, makapendaftaran Anda dianggap tidak sah/batal.
Tata cara pengiriman berkas, dapat dilihat pada PetunjukPengiriman Berkas PO BOX.
  1. Nomor registrasi dan Tanda Bukti Pendaftaran yang Anda peroleh setelah pengisian formulir pendaftaran secara benar merupakan identitas pendaftaran yang akan digunakan pada saat pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) bagi pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi, oleh sebab itu harap diingat dan disimpan dengan baik.
  2. Setiap nama yang telah terdaftar hanya memiliki satu nomor identitas registrasi. Setiap identitas nomor registrasi yang dianggap benar dan sah adalah nomor identitas registrasi yang terekam dalam database kami.


Petunjuk PengirimanBerkas PO BOX
  1. Pelamar wajib:
1.1.
Mengisi Formulir Pendaftaran, menempel pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm padaLembar Formulir Pendaftaran Online, menempel materai Rp6.000,00 dan menandatanganinya;
1.2.
Mengisi dan menandatangani Daftar Riwayat Hidup Singkat;
1.3.
Menempel materai Rp6.000,00 dan menandatangani Surat Pernyataan.
  1. Berkas lamaran berisikan dengan urutan dari atas sebagai berikut:
2.1.
Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku;
2.2.
Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir), dengan ukuran 4x6 sebanyak 3 lembar;
2.3.
Surat lamaran ditulis dengan tangan sendiri dan ditujukan kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia dengan alamat PO BOX 1001 Jakarta 10000;
2.4.
Daftar Riwayat Hidup Singkat yang telah diunduh dan ditandatangani;
2.5.
Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar/Surat Tanda Kelulusan dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang (Ijazah Sementara dan Surat Keterangan Lulus tidak berlaku). Bagi pelamar lulusan luar negeri wajib menyertakan Fotokopi Surat Keputusan Penyetaraan Ijazah dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang;
2.6.
Surat Keterangan Dokter (asli) terbaru yang menyatakan sehat (selama tiga bulan terakhir);
2.7.
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) (asli) yang masih berlaku;
2.8.
Surat Pernyataan yang telah diunduh kemudian ditempel materai Rp6.000,00 dan ditandatangani;
2.9.
Bagi pelamar dengan Kode KP 03 melampirkan fotokopi sertifikat ANT III yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang;
2.10.
Bagi pelamar dengan Kode KP 04 melampirkan fotokopi sertifikat ATT III yang telah dilegalisir dan distempel basah oleh pejabat yang berwenang.
  1. Pelamar wajib mengirimkan Berkas Lamaran dengan stopmap berwarna:
a.
Merah muda untuk Kode KP 01 dan 02;
b.
Biru untuk Kode KP 03 dan 04;
c.
Hijau untuk Kode KP 05 s.d. 07;
d.
Kuning untuk Kode KP 08 dan 09;
e.
Merah untuk Kode KP 10 s.d 15.
Lembar Formulir Pendaftaran Online ditempel di sampulstopmap tersebut.
  1. Stopmap yang berisi lamaran dimasukkan dalam amplop coklat ukuran folio dan dikirim melalui Kantor Pos kepada:

Panitia Pusat Rekrutmen
Pegawai Golongan II dan III di Lingkungan Kementerian Keuangan
Tahun Anggaran 2012
PO BOX 1001 Jakarta 10000
Berkas lamaran paling lambat diterima Panitia Pusat tanggal 6Agustus 2012 (Cap Pos). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milikpanitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.